Manfaat Tembaga » PT. Surya Logam Universal

Manfaat Tembaga

Halo sahabat dan pelanggan Surya Logam di mana saja berada, senang sekali saya dapat berjumpa lagi dengan anda walaupun hanya di dunia may...
as-tembaga-by-surya-logam
Halo sahabat dan pelanggan Surya Logam di mana saja berada, senang sekali saya dapat berjumpa lagi dengan anda walaupun hanya di dunia maya.
Setelah membahas mengenai material Tembaga, pada kesempatan kali ini Surya Logam akan membahas tentang manfaat tembaga yang terus terang saya kutip dari blog lain yaitu budisma.web.id

Senyawa Tembaga

Tembaga merupakan logam berwarna kemerahan yang terdapat secara bebas di alam maupun dalam bentuk senyawanya. Bijih tembaga yang terpenting adalah kalkopirit (CuFeS2, 34,5% Cu).

surya-logam-universal

Selain itu ada beberapa senyawa tembaga yang lain, seperti cuprite (Cu2O, 88,8% Cu), chalcosite (Cu2S, 79,8% Cu), dan malasite (Cu2(OH)2CO3, 57,3% Cu) (Oxtoby, Gillis, Nachtrieb, 2003: 206).
Untuk memperoleh tembaga, pertama dilakukan flotasi (pengapungan) busa, untuk memekatkan bijih tembaga. Langkah berikutnya adalah pemanggangan (roasting) bijih yang sudah diperkaya, yaitu reaksi dengan udara pada suhu tinggi untuk mengkonversi besi menjadi oksidanya dan menyisakan tembaga sebagai sulfida. Selanjutnya campuran Cu2S dan Fe3O4 serta bahanbahan lain dimasukkan ke dalam tungku pada suhu 1.100 °C. Karena Cu2S tidak larut dalam terak, maka Cu2S dialirkan ke tungku lain melalui semburan udara untuk memicu terjadinya reaksi redoks. Terakhir, tembaga cair yang terbentuk kemudian didinginkan dan dicetak untuk dimurnikan lebih lanjut (Oxtoby, Gillis, Nachtrieb, 2003: 207).
Reaksi: 6 CuFeS2(s) + 13 O2(g) 3 Cu2S(s) + 2 Fe3O4(s) + 9 SO2(g)
CaCO3(s) + Fe3O4(s) + 2 SiO2(s) CO2(g) + terak
Cu2S(l) + O2(g) 2 Cu(l) + SO2(g)

Manfaat Tembaga

Manfaat atau kegunaan tembaga, antara lain adalah:
  1. Sebagai penghantar panas dan listrik yang sangat baik, tembaga banyak digunakan pada alat-alat listrik. 
  2. Sebagai perhiasan, campuran antara tembaga dan emas. 
  3. Sebagai bahan pembuat uang logam. 
  4. Tembaga digunakan sebagai bahan pembuatan logam lain terutama kuningan (campuran antara tembaga dan seng), perunggu (campuran antara tembaga dan timah), monel, dan alniko
  5. CuSO4 dalam air berwarna biru, banyak digunakan sebagai zat warna. 
  6. Campuran CuSO4 dan Ca(OH)2, disebut bubur boderiux banyak digunakan untuk mematikan serangga atau hama tanaman, pencegah jamur pada sayur dan buah. 
  7. CuCl2, digunakan untuk menghilangkan kandungan belerang pada pengolahan minyak. 
  8. Cu(OH)2 yang larut dalam larutan NH4OH membentuk ion kompleks cupri tetramin (dikenal sebagai larutan schweitser), digunakan untuk melarutkan selulosa pada pembuatan rayon (sutera buatan). 
Nah itu saja ulasan Surya Logam tentang Manfaat Tembaga, bagi anda yang membutuhkan plat tembaga , As Tembaga / Round Bar Tembaga, atau Pipa Tembaga, silahkan menghubungi kami di nomor 021-6288879
    Disqus
    Blogger